Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan pada Penyelenggaraan Makanan Jasa Catering di Kantin PT. Arga Morini Indah

  • Handriani STIKes Karya Kesehatan Kendari
  • Jenny Qlifianti Demmalewa Prodi S1 Gizi, STIKes Karya Kesehatan
  • Desiderius Bela Dhesa Prodi S1 Gizi, STIKes Karya Kesehatan
Keywords: Kepuasan, Waktu, Variasi, Menu, Rasa, Alat, Penampilan, Makanan

Abstract

Penyelenggaraan makanan pada institusi sangat penting, karena dengan adanya penyelenggaraan makanan, diharapkan karyawan yang bekerja pada perusahaan tersubut terpenuhi kebutuhan gizinya sehingga dapat meningkatkan Kesehatan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan karyawan pada penyelenggaraan makanan jasa catering di Kantin PT. Arga Morini Indah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif desain survey. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan (karyawan) perusahaan PT. Arga Morini Indah sebanyak 300 orang dan sampel sebanyak 75 orang yang diperoleh dengan Simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi serta diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan waktu distribusi makanan sebagian besar menyatakan tepat waktu  (88%), sanitasi atau kebersihan alat sebagian besar menyatakan Ya  (96%), cita rasa makanan sebagian besar Puas sebanyak (89,3%), aspek sanitasi atau kebersihan alat sebagian besar menyatakan Ya (96%) dan aspek penampilan petugas sebagian besar sangat puas (54,7%),  Saran bagi pihak PT.Arga Morini perlu melibatkan tenaga gizi dalam penyelenggaraan makanan di perusahaan nikel PT Arga Morini. Bagi peneliti selanjutnya perlu melakukan penlitian kuantitatif yang menganalisis faktor-faktor yang memperngaruhi kepuasan karyawan.

References

Amaliyah, N. (2017) Penyehatan Makanan dan Minuman. Yogyakarta: CV Budi Utama
Anjati. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Makanan Dan Pelayanan Makanan Anggota Tni-Ad Pada Dapur Kompi Markas Yonif 144/Jaya Yudha Rejang Lebong
Aslinda, W., (2020). The Level of Student Satisfaction With The Food Service At Al-Fahmi Integrated Islamic Middle School In Palu City 2019. In Jurnal Ilmu Gizi 1. (1). 80-83.
Handayani, N.L., Padmiari, I.A.E., & Suantara, R.I.M. (2019). Tingkat Kepuasan Siswa Bintara Pada Penyelenggaraan Makanan di Depo Pendidikan dan Latihan Pertempuran Rindam Ix/Udayana TNI-AD Buleleng, Bali. Jurnal Ilmu Gizi, 7 (3), 64-72.
Iffathurjannah. (2020). Standar Penampilan Pribadi –Bandung. A. Deepublish
Indrasari,Nopika. (2017). Pengaruh Cita Rasa, Nilai Gizi dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada YES Delivery di Plosokandang Tulungagung. Jurnal Simki Economic, 1 (7). 3.
Kementrian RI (2013). Pedoman Pelayanan Gizi Rumah sakit PGRS 2013. Jakarta: Kemenkes RI.
Nurjaya. (2020). Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Menu Makanan Yang Disajikan Dalam Penyelenggaraan Makanan Di SMP Islam Terpadu AlFahmi Kota Palu 2019. Jurnal Ilmu Gizi, 1 (1), 31-36
Tanuwijaya, et al. (2019). Kepuasan Pasien terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit. Jurnal Gizi. 8(1). 50-58.
Pangastuti H, Permana L. (2019). Pengukuran Kepuasan Karyawan Pada Kantin Institut Teknologi Sumatera Menggunakan Importance-Performance Analysis
Triana, Ekawati IW. (2017). Hubungan Status Gizi, Lama Tidur, Masa Kerja Dan Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja Pada Mekanik di Pt X Plant Jakarta. J Kesehat Masy. 5(5).146–155.
Wayansari, L., Anwar, I.Z., & Amri, Z. (2018). Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. Jakarta: Kemenkes RI.
Published
2024-04-30
How to Cite
Handriani, Demmalewa, J. Q., & Dhesa, D. B. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan pada Penyelenggaraan Makanan Jasa Catering di Kantin PT. Arga Morini Indah. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 5(01), 17-23. Retrieved from http://jkmc.or.id/ojs/index.php/jkmc/article/view/162