Studi Literatur : Penggunaan Aplikasi Halodoc Dalam Meningkatkan Kualitas Pemeriksaan Kesehatan Di Indonesia

  • Niswa Nurdilla 082297827250
  • Fairuz Zahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Luthfiah Alisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nadia Shalsabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siska Melinda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Miftahurrahma El Hayatli Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Halodoc, Digital health, Pemeriksaan kesehatan, Kualitas layanan

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi digital telah membawa transformasi signifikan dalam pelayanan kesehatan, khususnya di Indonesia. Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah aplikasi Halodoc, yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan daring, pembelian obat, serta pemeriksaan laboratorium secara praktis. Studi ini bertujuan untuk menganalisis literatur terkait penggunaan aplikasi Halodoc dalam meningkatkan derajat pemeriksaan kesehatan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi literature dengan pendekatan deskriptif-analitis untuk mengidentifikasi dan menganalisis secara mendalam pengaruh penggunaan aplikasi Halodoc terhadap akses dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Dilakukan dengan pengumpulan dan analisis data sekunder dari berbagai artikel penelitian sebelumnya. Sebanyak 10 artikel dikumpulkan dari sumber-sumber relevan seperti Google Scholar, ResearchGate, dan lainnya Hasil kajian menunjukkan bahwa Halodoc mampu meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan, mempercepat proses pemeriksaan awal, serta memaksimlkan kepuasan pasien terhadap layanan medis. Selain itu, Halodoc dianggap mampu mengurangi beban fasilitas kesehatan modern  dengan menyalurkan layanan primer melalui platform digital. Namun, masih mengalami tantangan, seperti keterbatasan akses internet di daerah terpencil, serta isu keamanan data pasien. Maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi Halodoc berpotensi besar dalam meningkatkan kualitas pemeriksaan kesehatan serta memenuhi kebutuhan informasi kesehatan di indinesia terutama bila didukung oleh kebijakan pemerintah dan peningkatan literasi digital masyarakat.

 

Keywords :

Kata Kunci; Halodoc, Digital health, Pemeriksaan kesehatan, Kualitas layanan

References

Annur, C. M. (2022). Layanan Telemedicine yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia. paling-banyak-digunakan-di-indonesia-apa-saja
Amelia, AA (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Atas Layanan Telemedicine Kesehatan Melalui Aplikasi Halodoc. Tinjauan Ekonomi dan Bisnis Digital, 5 (2), 879-886.
Ayuningtyas Yuli Hapsari (2025). Model Continuance Intention Pengguna Gen-Z Berdasarkan Perceived Credibility Dan Performance Expectancy Aplikasi Halodoc Melalui Mediasi Personalize E-Experience.Universitas Pendidikan Indonesia.Perpustakaan.Upi.Ed
Chaeriah, N., Maulana, D., Irzain, K. M., Hidayat, R. R. A., Augusta, R., Ardiansyah, M. A.
Dimas, A. S., Dewi R. K., (2022) Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Platform Telemedicine HalodocTahun 2022, JURMIK (Jurnal Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan), 2(2), 1-16.
Fadia ,E.S., Fannya, P., Iqbal, F.M., Widjaja, L. (2024). Hibingan Kualitas Layanan Elektronik dan Kualitas Informasi Aplikasi Halodoc Terhadap Kepuasan Pada Pengguna. Jurnal Kesehatan dan Kedokteran, 1(4).
Fransiska, C., & Bernarto, I. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Keberlanjutan Penggunaan pada Pengguna Aplikasi Kesehatan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(2), 132-142.
Hanesya, A. F., Novi Marchianti, A. C., & Bukhori, S. (2021). Evaluation of the Hospital Information System (HIS) using EUCS and PIECES Methods on the Medical Record Section of RSUD dr. Haryoto Lumajang. Ijconsist Journals, 3(1), 13-20.
Ismail, A., Putro, S., & Nurkalis, U (2024). Edukasi Pemanfaatan Aplikasi Halodoc Untuk
Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental Di Smk Tunas Pembangunan 2. Jurnal pengabdian masyarakat, 1(3), 290-295
KemenKes. (2021). Aplikasi Telemedicine Berpotensi Merevolusi Pelayanan Kesehatan di
Indonesia. https://www.balaibaturaja.litbang.kemkes.go.id/read-aplikasitelemedicine-
berpotensi-merevolusi-pelayanan-kesehatan-di-indonesia
Suandika, M., Andriani, Y., Naili, Y. T., Ayu, J. D., Ningrum, E. W., Zaki, M.,…Astuti,
D. (2023). Inovasi Telehealth dalam Layanan Kesehatan. Media Sains Indonesia:
Bandung.
Marliyah Marliyah, M. Ridwan, & Ayu Kartika Sari. (2021). The Effect of E-Service Quality on
Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty of Mobile Banking Users... ResearchGate; Budapest International Research and Critics Institute.
Mix. (2022). Halodoc - Indonesia Most Engaging Brand 2022 "Health Care Apps Category".
(diakses pada 12 Desember2022). https://mix.co.id/indonesia-mostengaged-
brand/halodoc-indonesia-most-engaging- brand-2022-health-care-appscategory/
Rizky, M. F., & Permana, E. (2022). Analisis strategi bisnis menggunakan digital marketing
pada UMKM pasca pandemi covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2).
https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6820 https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/07/layanan-telemedicineyang-
Rita, P., Oliveira, T., & Almira Farisa. (2019). The impact of e-service quality and customer
satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), e02690–e02690.
https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690
Sabina, N. K., Tanjung, S. M., NurSyifa, P., & rekan. (2024). Strategi pelayanan berbasis digital pada aplikasi kesehatan (Halodoc). Business and Investment Review, 2(6)
Suraida,Aulia Hasya.(2024). Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Halodoc Pada Mahasiswa Universitas Widya Husada Semarang.
Wulandari, S. (2024). Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Halodoc Menggunakan Metode EUCS dan Delone and McLean, Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Published
2025-06-29
How to Cite
Nurdilla, N., Zahra, F., Alisa, L., Shalsabila, N., Melinda, S., & El Hayatli, M. (2025). Studi Literatur : Penggunaan Aplikasi Halodoc Dalam Meningkatkan Kualitas Pemeriksaan Kesehatan Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 6(01), 24-39. Retrieved from https://jkmc.or.id/ojs/index.php/jkmc/article/view/201