Penatalaksanaan Penyuluhan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mencuci Tangan Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Dongkala Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana

  • Alisa Darmayani Prodi D3 Keperawatan STIKES Karya Kesehatan
  • Risnawati Risnawati Prodi D3 Keperawatan STIKES Karya Kesehatan
  • Muhammad syahwal STIKES Karya Kesehatan https://orcid.org/0000-0001-8025-7743
  • Sitti Umrana Prodi D3 Keperawatan STIKES Karya Kesehatan
Keywords: Penyuluhan kesehatan, cuci tangan, siswa, sekolah dasar

Abstract

Masalah kesehatan anak usia sekolah diantaranya kurang memperhatikan kebiasaan mencuci tangan, setelah bermain mereka biasanya langsung mengkonsumsi jajanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dan kebiasaan ini memberikan kontribusi nyata pada angka kesakitan anak. Gambaran masalah kesehatan yang dihadapi yakni seringnya ketidakhadiran anak didik akibat penyakit diare, cacingan dan thypus abdominalis sekitar 29 kasus ditemukan setiap tahunnya, telah tersedia keran air cuci tangan namun belum dimanfaatkan dengan baik dan hanya digunakan sebagai ajang bermain air. Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan pendekatan studi kasus untuk memberikan gambaran peningkatan kemampuan mencuci tangan pada anak sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 18 - 20 Agustus 2021 didapatkan data hasil observasi pra-intervensi diketahui kemampuan semua subjek dalam hal mencuci tangan berkategori kurang selanjutnya terjadi peningkatan kemampuan mencuci tangan setelah diberikan dua kali penyuluhan kesehatan yang disertai demonstrasi mencuci tangan yang diperagakan oleh peneliti, selanjutnya hasil evaluasi akhir pada post-intervensi diketahui seluruh siswa mampu melakukan tindakan mencuci tangan 6 langkah dengan benar dan teratur.  Kesimpulan hasil penelitian adalah penyuluhan kesehatan dapat meningkatkan kemampuan mencuci tangan siswa SD Negeri 07 Dongkala Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana. Disarankan kepada masyarakat menjadikan tindakan mencuci tangan sebagai perilaku yang wajib diterapkan setiap hari dalam rangka meningkatkan status kesehatan anak dan mencegah anak dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan kebersihan tangan.

References

Aji, J. S. 2013. Pendidikan Karakter Disiplin anak pada keluarga guru Studi Kasus di Desa Pandes Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Akdon dan Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Chandra, Gregorius, dkk. 2011. Service, Quality & Satisfaction, Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
Rose, Colin dan Malcolm J. Nichol. 2012. Accelerated Learning For The 21st Century. Bandung: CV Nuansa ISBN: 979-9481-17-1
Departemen Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2016
Departemen Kesehatan RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik. Indonesia Nomor 5. Jakarta: Depkes RI
Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja. Rosdakarya
Donsu, Jenita DT. 2017. Psikologi Keperawatan.Yogyakarta : Pustaka Baru
Gunarsa, Yulia Singgih D. & Singgih D Gunarsa. 2012.Psikologi Untuk Keluarga Jakarta: Penerbit Libri
Honggowiyono, P. 2015. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik untuk Guru dan Calon Guru. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
Jahang, M. D. I., Maryanti, M. M., Susilo, W.H. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Sekolah Dasar Negara Sambirito 01 Kota Semarang.Jurnal Kesehatan Masyarakat (e Jurnal) Volume 4. Nomor 5, ISSN : 2356-3346.
Kahusadi, O. A., Tumurang, M. N., & Punuh, M. I. (2019). Pengaruh Penyuluhan Kebersihan Tangan (Hand Hygiene) Terhadap Perilaku Siswa SD GMIM 76 Maliambao Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. KESMAS, 7(5).
Kemdikbud RI. 2021. Statistik Pendidikan Sekolah dasar. Pusat Data dan Teknologi Informasi http://statistik.data.kemdikbud.go.id/ (diakses Juni 2021)
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2021. Dta Pokok Pendidikan Sekolah Dasar. Diakses 21 Agustus 2021 melalui https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/4BBD5F24A93E99C94021
Kemenkes, R. I. (2019). Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia.
Kemenkes, RI. 2017. Pedoman dan Standar Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan nasional.
Kementrian Kesesehatan, R. I. (2011). Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Mustikawati, I. S. (2017). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Studi Kualitatif pada Ibu-Ibu di Kampung Nelayan Muara Angke Jakarta Utara; Studi Kualitatif. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 2(1), 115-125.
Notoadmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Potter, A & Perry, A 2012, Buku ajar fundamental keperawatan; konsep, proses, dan praktik, vol.2, edisi keempat. Jakarta: EGC.
Priyoto (2015) Perubahan dalam Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Proverawati, A dan Rahmawati, E. 2012.Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika
Pungki, Y. A. D. (2017). Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Sekolah Dasar Di Sdn Mangge 2 Desa Mangge Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2017 (Doctoral dissertation, STIKES Bhakti Husada Mulia).
Purnomo, R. A., Susilaningsih, E. Z., Kp, S., & Kep, M. (2016). Perilaku Mencuci Tangan Dan Kejadian Diare Pada Anak Usia Prasekolah Di Paud Desa Kalikotes Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Purwandari, R., & Ardiana, A. (2015). Hubungan antara perilaku mencuci tangan dengan insiden diare pada anak usia sekolah di Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan, 4(2).
Putri, W. C. W. S., Yuliyatni, P. C. D., Aryani, K., Sari, K. A. K., & Sawitri, A. A. S. (2017). Dasar-dasar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Modul Pembekalan Manajemen dan Program Puskesmas, 1-12.
Rose, Colin & Malcolm J. Nicholl. 2012. Cara Belajar cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa
Ratnawati (2011). Pengaruh pemberian penyuluhan PHBS tentang mencuci tangan terhadap pengetahuan dan sikap mencuci tangan pada siswa kelas V di SDN Bulukantil Surakarta. Unit perpustakaan digitan Universitas Sebelas Maret. Diakses 20 Agustus 2021 https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/19723
Sasmitha, N. R., Ilmi, A. A., & Huriati, H. (2017). Peningkatan Pengetahuan Tentang Cuci Tangan melalui Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual. Journal of Islamic Nursing, 2(2), 43-51.
Setiawati, 2012. Proses Pembelajaran dalam Pendidikan Kesehatan. jakarta Timur: Trans Info Media
Sinaga, L. R. V., Munthe, S. A., & Bangun, H. A. (2020). Sosialisasi perilaku cuci tangan pakai sabun di desa sawo sebagai-bentuk kepedulian terhadap masyarakat ditengah mewabahnya virus covid-19. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 19-28.
Siregar, S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Jakarta: Penerbit Prenada Media Grup.
STIKES Karya Kesehatan. 2021. Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah. Kendari: LPPM STIKES Karya Kesehatan
Sudarmawan. 2013. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Pemilihan Jajanan Dengan Perilaku Anak Memilih Jajanan Di SDN Sambikerep II/480 Surabaya, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Supariasa, I. D. N. 2013. Penilaian Status Gizi. edited by Monica Ester. Jakarta: EGC.
Sutisnawati, A. 2015. Pengaruh Pelatihan Materi Sains Berbasis Ict Information And Communication Technologies Terhadap Peningkatan Scientific Literacy Dan ICT Literacy Guru Sekolah Dasar. pedagogik-pendas, 474.
Syahwal, M. (2020). Implementasi Health Education Meningkatkan Kesiapan Keluarga Merawat Pasien Stroke. Jurnal Keperawatan, 3(03), 23 - 25. Retrieved from https://stikesks-kendari.e-journal.id/JK/article/view/255
Wikurendra, E. A. (2018). Pengaruh Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Sikap Mencuci Tangan Siswa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 7(2), 64-69.
Wong. D.L. 2015. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 2. Jakarta. EGC
Published
2021-12-30
How to Cite
Darmayani, A., Risnawati, R., Muhammad syahwal, & Umrana, S. (2021). Penatalaksanaan Penyuluhan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mencuci Tangan Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Dongkala Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 2(03), 01 - 07. Retrieved from https://jkmc.or.id/ojs/index.php/jkmc/article/view/85